Rabu, 11 Maret 2009

PT Telaga Bintan Jaya Ingkar Janji


LOKASI PENAMBANGAN BAUKSIT PT TBJ .DI PULAU PANUBA KAB. LINGGA.

DAN KUMPULAN MASYARAKAT PANUBA YANG DIBOHONGI SURYONO

MERASA KECEWA DENGAN JANJI- JANJI YANG PENUH DENGAN KEBOHONGAN
DABO SINGKEP SNP.

Untuk kesekian kalinya PT Telaga Bintan Jaya ( PT TBJ ), sebuah perusahaan yang melakukan penambangan bauksit di Desa Panuba , Kecamatan Lingga , Kabupaten Lingga , Propinsi Kepulauan Riau , ingkar janji . Demikian seringnya perusahaan ini mengingkari , dari PT terlalu banyak janji .- janji palsu

Kali ini masyarakat Suak Kunting Panuba , yang entah untuk keberapa kalinya kembali dibohongi PT TBJ.

Kisahnya berawal setelah PT TBJ melakukan survey pertambangan bauksit di Desa Panuba ahkir Tahun 2006 , kepada warga Suak Kunting . PT TBJ menjanjikan setelah export yang ke 6 akan membayar lunas semua lahan warga Suak Kunting yang masuk dalam KP ( Kuasa Penambangan ) PT TBJ . Maka setelah PT TBJ melaksanakan Export yang ke 6 dalam bulan Oktober 2008 warga desa pun menagih janji PT TBJ . Ketika itu Direktur Utama PT TBJ , Suryono , berjanji akan melunasi pembayaran pada tanggal 20 bulan itu juga . Namun ternyata janji tinggal janji , Suryono mengingkari janjinya .

Kembali Suryono mengumbar janji akan menyelesaikan semua pembayaran pada tanggal 20 Nopember 2008 ., betapa gembiranya warga Suak Kunting ketika sebelum tanggal itu Suryono mengirim wakilnya , Surya , yang menjelaskan perusahaan dipastikan akan membayar lunas semua lahan setelah pemilik lahan menunjukkan lahannya . Namun sebentar saja kegembiraan itupun sirna , karena meskipun warga sudah menunjukan lahannya , pembayaran pun hanya tinggal janji . Agaknya belum bosan mengumbar janji , Suryono kembali berjanji akan menyelesaikan pembayaran pada 20 Februari 2009, dengan pernyataan bersedia membuat surat pernyataan di depan Notaris .

Warga Suak Kuntingpun bersabar menunggu tanggal 20 Februari 2009 , dan apa yang terjadi pada tanggal itu adalah hanya janji Suryono saja . Untuk datang menemui warga pada tanggal 27 Februari 2009, warga Suak Kunting masih juga bersabar . Pada tanggal 27 Februari ternyata Suryono kembali ingkar janji . Dalam pertemuan dengan warga yang diadakan dikantor desa Panuba , Suryono hanya mengirim wakilnya , Surya, yang tidak bisa menjelaskan kepastian waktu pembayaran lahan . Surya hanya menjelaskan Suryono akan datang pada tanggal 28 Februari jam 13.00 untuk mengadakan pertemuan dengan warga ditempat yang sama . Maka pada waktu dan tempat yang ditentukan itu berkumpullah warga Suak Kunting menunggu kedatangan Suryono . Tapi apa yang di dapat warga adalah hanya kekecewaan , sebab Suryono kembali dengan lagu lamanya , INGKAR JANJI .

Hari itu Suryono tidak nampak batang hidungnya , warga Suak Kunting sudah menunjukkan tingkat kesabaran yang luar biasa , tapi yang didapat hanya kekecewaan karena kebohongan Suryono . Hal senada juga dinyatakan Drs . Zakaria, warga Panuba yang juga anggota Legilatif dari PKS . Zakaria memang sering menjembatani dialog anatara warga desa dengan PT TBJ , namun sejauh ini belum membuahkan hasil Masyarakat sungguh kecewa “ . Begitu ujarnya kepada SNP . Bahkan Mahmud , seorang warga Panuba lainnya , merasa kecewa berat dengan sikap Suryono selama ini. Menurut pengakuan Mahmud kepada SNP , lahannya belum dibayar , padahal sebagian lahan itu sudah digunakan oleh PT TBJ untuk pembuangan Tailing . Menurut catatan SNP , PT TBJ telah 7 kali export , apakah hasil dari 7 kali export itu tidak cukup untuk membayar lahan masyarakat , agaknya tidak demikian . Sebab sejauh pemantauan SNP, PT TBJ selain bergerak dibidang Property juga melakukan eksplotasi pertambangan bauksit dibeberapa daerah di Kabupaten Lingga seperti di Cukas , Bakong , Langkap , Pengambil, Sungai Buluh , Plakak . Ditempat – tempat itu Suryono memberikan uang muka pembelian lahan dan pinjaman kepada pemilik lahan . Diduga uang hasil 7 kali export itu digunakan untuk itu sehingga tidak dapat membayar lahan masyarakat desa Panuba . Seharusnya PT TBJ menyelesaikan dulu pembayaran lahan di Panuba .

Dengan permainan Suryono yang tidak terpuji ini masyarakat seolah kehilangan akal , tidak tahu apa yang harus diperbuat . Sementara Pemerintah Daerah pun sepertinya tutup mata . ( Alias Bermain mata dengan pengusaha bauksit ) . Seharusnya Pemerintah Daerah cepat tanggap dengan kejadian ini , kekayaan alam mereka dikuras , sementara mereka dijejali janji- janji kebohongan belaka. ( HS/ RO )


1 komentar:

  1. Kepada Yth,



    Bapak/Ibu



    Pimpinan import - export / Purchasing Dept.





    Dengan Hormat



    Perkenalkanlah kami Dari

    PT. SUN LOGISTICS International. Yang begerak dibidang Jasa Export – Import Door To Door International Air & Sea Freight Forwader yang telah berpengalaman dibidang Door To Door,Undername,Customs Clearance import.Kami sebagai mitra bisnis yang dapat dipercaya. Sebagai sebuah perusahaan pengiriman (melalui laut, udara maupun darat) tarif hemat dan kompetitif, PT.SUN Logistics memastikan bahwa barang kiriman anda akan sampai ketempat yang dituju secara lebih cepat.



    Service International :

    -Sewa UNDERNAME

    -FOB/CNF

    -Emkl / Emku

    -Customs Clearance

    -Ex Works

    -Door to Door Service

    -Purchase of foreign goods

    -DlL



    Note : Perusahaan kami juga bisa mengeluarkan Mobil, Motor
    dan Cairan cukup dengan syarat yang diperlukan untuk data barang
    hanya MSDS, Midical, Invoice dan Packing List.

    Perusahaan kami dapat mengeluarkan barang tersebut
    diatas dari Pickup barang sampai Door ke tempat
    (Free for Jakarta Area).

    Jika ada biaya lain yang muncul kami tidak
    membebankan biaya kepada Customer.
    Pihak Customer bertanggung jawab sepenuhnya
    terhadap kebenaran barang sesuai Invoice, Packing list.

    Perhitungan di atas berdasarkan mana yang lebih
    Besar : berat/Kg Atau Volume / M3
    Perhitungan : Udara P X L X T : 6.000
    Laut P X L X T : 1.000.000

    Kehilangan barang yang terbungkus rapi ( Original
    Packing ) akan kami ganti sesuai INVOICE asli yang
    kami terima pertama
    Pembayaran dilakukan secara COD (Cash On Delivery)



    Best regads

    Samuel outo : 0813-9434-4940 W.A



    Head office

    PT. SUN LOGISTICS INDONESIA

    Jln. Cipinang Muara raya no. 19 Jakarta Timur (13420) – Indonesia.



    Tlp : 021 - 860-3191 (Hunting)



    Fax : 021 - 860-3196



    Email : samuel.sunlogistics@gmail.com

    BalasHapus