Kamis, 12 Maret 2009

Jaringan Air Bersih Ala Lingga

Dabo Singkep SNP

Seiring dengan derap pembangunan Nasional , Dinas Pekerjaan Umum dan Perhubungan Kabupaten Lingga , Propinsi Kepulauan Riau , giat melaksanakan pembangunan sarana / prasarana fisik . Salah satu diantaranya adalah pembangunan prasarana Air Bersih berupa pembangunan jaringan Air Bersih di Kecamatan Singkep . Proyek yang dibiayai dengan dana APBD tahun anggaran 2008 ini menelan biaya sebesar Rp , 4, 955.000.00., Pembangunannya dilaksanakan oleh PT Dwitama Fortuna Perkasa , dengan Konsultan Perencana CV Anisa Engineering Consultant .

Masyarakat setempat pada umumnya menyambut gembira pembangunan jaringan air bersih ini seperti yang diutarakan Jang .seorang warga desa , “ Kami masyarakat setempat , memang mendambakan air bersih sudah sejak lama Ujarnya kepada SNP . Cuma sayang sekali , meskipun pembangunan sudah selesai , hingga berita ini kami turunkan ( 19/02- 2009 ) belum ada setetes air bersih pun yang dapat dinikmati masyarakat . Sementara pembangunan jaringan pun terkesan asal- asalan . Betapa tidak, sebab pipa – pipa pralon yang digunakan tidak di tanam dalam tanah sebagaimana mestinya .

Pipa yang melewati sungai juga hanya ditopang dengan kayu penyangga seadanya , yang tidak bisa menjamin kekuatan yang memadai . Bahkan ada pipa yang pecah tapi masih tetap dipasang , sehingga kalau pun pipa dialirin air tentu lebih banyak air yang keluar .

Wawan, seorang warga desa yang mengaku berpengelaman dalam bidang ini , memperkirakan daya tahan jaringan seperti ini hanya dalam hitungan bulan saja . Lalu apa arti sekian miliar uang rakyat yang digunakan untuk membiayai proyek itu ? PU Kabupaten Lingga memang sangat giat sekali dan turut membangun daearah ini . Namun PU juga giat melakukan pemborosan . ( HS/RO)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar